Sabtu, 03 Januari 2015

Budidaya Bunga Matahari

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam Organik.......Pertanian Jaya..!!!

Bunga matahari merupakan salah satu bunga yang cukup banyak penggemarnya. Warnanya yang mencolok, putih, kuning ataupun merah sangat eye catching saat ditanam di taman rumah.
Bunga matahari merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari langsung agar tumbuh optimal. Mungkin ada yang bisa menanamnya dalam pot dan menempatkannya dalam ruangan. Namun karena bunga matahari merupakan bunga outdoor, sangat cocok untuk ditanam di taman terbuka, di halaman misalnya.




Untuk menanam bunga matahari tidaklah terlalu ribet. Bunga ini dapat ditanam langsung di tanah atau dalam pot. Cara menanam bunga ini sebagai berikut :


1. Media Tanam
Bunga matahari tumbuh subur di daerah rendah sampai daerah dengan ketinggian 1500 dpl. Sebagai media tanam, gunakan campuran pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

2. Pembenihan
Bunga matahari diperbanyak dengan menggunakan biji yang diambil dari tanaman induk yang sudah cukup tua. Biji di taburkan pada media tanam hingga tumbuh berkecambah. Tunggu usia bibit 10 hari. Setelah itu baru pindahkan ke media tanam dalam pot yang telah disediakan.

3. Menanam Benih
Benih yang siap ditanam adalah benih yang berusia minimal 10 hari dihitung setelah biji berkecambah. Pada usia ini benih sudah cukup kuat untuk ditanam dalam pot. Tanam benih matahari dengan hati-hati. Pot tempat penanaman pilih yang berukuran sedang.

4. Penempatan
Bunga matahari adalah bunga yang membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh optimal. Tempatkan tanaman pada daerah yang terkena matahari langsung, minimal 6 jam sehari.



5. Pemeliharaan
Bunga matahari tidak memerlukan perawatan ekstra. Cukup disiram sekali tiap 1-2 hari. jangan terlalu sering menyiram, sebab bunga matahari tidak menyukai tanah yang becek. Jadi pastikan pot tempat penanaman terdapat lubang pembuangan air yang berfungsi dengan baik. Pemupukan bisa dilakukan bertahap 1 bulan sekali. Untuk merangsang pembungaan bisa menggunakan pupuk cair organik hasil fermentasi sabut kelapa.

Pada usia tanaman mencapai 2 bulan, akan mulai tumbuh kuncup bunga pada batahng utama, diikuti kuncup bunga di cabang-cabang. Satu tanaman bisa terdapat 12 kuntum bunga matahari. Jika sudah berbunga, taman rumah anda akan semakin semarak dengan berbagai warna…

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar: